Senin, 22 Maret 2010

Bersih-bersih Dapur, Yuk!

Sisa masak-masak Lebaran kemarin membuat dapur Anda terlihat berantakan? Jangan khawatir, Anda bisa membersihkannya dengan cuka. Ya, cuka, yang biasa Anda gunakan sebagai penyedap masakan, bisa juga digunakan untuk membersihkan dapur. Begini caranya:

* Jika menggunakan alat cuci piring otomatis, Anda bisa menambahkan kilap pada peralatan makan Anda. Caranya, pilih menu regular cycle (tanpa menggunakan sabun). Saat mesin telah terisi dengan air, buka pintu mesin, lalu tambahkan secangkir cuka. Lanjutkan mencuci hingga usai.

* Untuk menghindari tersumbatnya saluran air di tempat cuci piring akibat endapan sisa makanan, tuangkan setengah cangkir soda kue ke dalam saluran. Kemudian tuangkan juga secangkir cuka. Biarkan selama beberapa saat. Siram dengan satu galon air mendidih. Lakukan ini secara teratur.

* Agar microwave kembali bersih, aduk dua cangkir air dengan setengah cangkir cuka dalam mangkuk khusus microwave. Letakkan mangkuk dalam microwave dan nyalakan dengan kecepatan penuh selama 3- 4 menit sampai airnya mendidih. Setelah selesai, biarkan microwave dalam keadaan tertutup selama beberapa menit agar uapnya melepaskan kerak-kerak yang menempel. Setelah itu buka, pindahkan mangkuknya, dan bersihkan microwave dengan lap.

* Untuk menghilangkan noda minyak dari dinding dapur dan bagian-bagian kompor, tuangkan cuka pada kain dan lap.

* Noda kopi dan teh pada peralatan minum akan mudah hilang berkat campuran garam dan cuka.

* Bau bawang putih yang menempel pada tangan akan mudah sirna jika Anda menggosok tangan dengan cuka sebelum dan sesudah mengiris bawang.

* Agar talenan tetap bersih, gosok dengan cuka.

* Supaya peralatan makan bebas dari minyak dan bau, tambahkan satu sendok makan cuka pada larutan hangat sabun.

Related Posts by Categories



Tidak ada komentar:

Posting Komentar